15 Film Terbaik Tentang Revolusi Prancis, Berperingkat

0
25
15 Film Terbaik Tentang Revolusi Prancis, Berperingkat

Ringkasan

  • Movie tentang Revolusi Prancis beragam, termasuk drama kostum, movie horor, komedi, dan banyak lagi, semuanya diatur selama periode waktu yang bergejolak ini.
  • Beberapa movie bertujuan untuk keakuratan sejarah dan menjelaskan kengerian yang dihadapi oleh orang biasa selama Revolusi Prancis.
  • Movie terkenal tentang Revolusi Prancis termasuk “The Affair of the Necklace”, “Napoléon”, “Brotherhood of the Wolf”, dan “Marie Antoinette”, masing-masing menawarkan perspektif unik tentang peristiwa bersejarah yang penting ini.

Beberapa peristiwa dalam peradaban Barat sama pentingnya dengan Revolusi Prancis, dan film-film tentang Revolusi Prancis tetap menjadi sumber inspirasi yang konstan selama bertahun-tahun. Ungkapan keresahan rakyat yang menggulingkan monarki dan akhirnya mengarah pada period penindasan berdarah yang dikenal sebagai The Terror (dan kebangkitan Napoleon), secara alami, terbukti menjadi lahan subur bagi movie. Movie-film tersebut sudah ada sejak period bisu dan tetap diminati di tahun 2023, dengan movie Ridley Scott’s Napoleon tambahan lain untuk subgenre sejarah.

Sementara beberapa pembuat movie memilih style drama kostum untuk mengeksplorasi masalah ketidaksetaraan dan kerusakan sosial, yang lain mengadaptasi karya sastra terkenal yang diadaptasi dari semua orang dari Charles Dickens hingga Baroness Emmuska Orczy. Ada juga movie horor dan komedi yang didasarkan pada periode ini. Kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa mereka ditetapkan selama periode paling bergejolak dalam sejarah Prancis ini. Seringkali penting untuk mendapatkan fakta secara langsung tentang perang dan pemberontakan di period tersebut, tetapi film-film terbaik tidak takut menyoroti kengerian yang terjadi pada orang biasa selama Revolusi Prancis.

TERKAIT: 10 Movie Horor Prancis yang Mengerikan, Diberi Peringkat oleh IMDb

15 Perselingkuhan Kalung (2001)

Apa yang disebut “Affair of the Necklace” adalah salah satu peristiwa yang oleh para sejarawan ditunjukkan sebagai penyebab kekecewaan bertahap antara Louis XVI dan Marie Antoinette. Movie dengan nama yang sama ini sangat bagus, dengan semua hiasan yang biasanya diasosiasikan dengan drama kostum. Yang agak tidak biasa adalah dalam casting Hilary Swank sebagai Jeanne, seorang pencuri terkenal, mengingat bahwa dia tidak pernah muncul dalam drama kostum (yang memiliki persyaratan gayanya sendiri). Para kritikus pada akhirnya terbagi tajam, apakah dia melakukan keadilan peran atau tidak.

14 Para Pengunjung: Hari Bastille (2016)

Sebuah adegan dari The Visitor Bastille Day

Ketika orang berpikir tentang movie tentang Revolusi Prancis, pikiran mereka biasanya memunculkan gambar bangsawan kaya yang dipenggal kepalanya dengan guillotine, massa yang marah mengenakan cockades tiga warna saat memperjuangkan keadilan, atau peristiwa besar seperti Penyerbuan Bastille. Para Pengunjung: Hari Bastille (aslinya berjudul Les Visiteurs: La Révolution) adalah movie langka yang dapat menemukan humor dalam periode waktu yang penuh gejolak. Kepala mungkin berguling, tapi tetap dipuji karena lucu. Ini juga merupakan angsuran ketiga dari Pengunjung serial komedi perjalanan waktu, yang dimulai pada tahun 1993.

13 Satu Bangsa, Satu Raja (2018)

Gambar promo dari One Nation, One King.

Movie Prancis yang disutradarai oleh Pierre Schoeller ini menampilkan tiga adegan paling penting dari Revolusi: Penyerbuan Bastille, Pawai Wanita di Versailles, dan eksekusi Raja Louis XVI. Itu juga berhasil menggambarkan evolusi badan-badan pemerintah, dari Estates-Basic melalui Majelis Konstituante Nasional hingga Majelis Nasional, memberikan waktu kepada para pemimpin Revolusioner yang berbeda seperti Danton, Marat, dan Robespierre. Movie ini bisa terasa sedikit kikuk secara naratif karena mencoba memasukkan terlalu banyak elemen ke dalam runtime dua jam, tetapi berusaha untuk keagungan sinematik dan kesetiaan pada sejarah.

12 Pimpernel Merah (1934)

Sebuah adegan dari The Scarlet Pimpernel

Dalam beberapa hal, tahun 1930-an adalah masa keemasan untuk film-film petualangan, ketika berbagai studio berusaha mengeluarkan sebanyak mungkin movie petualang ini. Kisah ini, tentang seorang bangsawan Inggris yang mengadopsi identitas berbeda untuk membantu menyelamatkan mereka yang dianiaya oleh Revolusi, sangat cocok. Karakter-karakternya dibuat dengan sempurna dan, meskipun mungkin kurang memacu adrenalin dari film-film yang lebih fashionable tentang Revolusi Prancis, itu masih merupakan movie yang indah dari period Hollywood yang lampau.

TERKAIT: 10 Movie Yang Beralih Antara Warna & Hitam-Putih

11 Revolusi Prancis (1989)

Adegan pertempuran dari La Révolution française.

Begitu banyak yang terjadi sehingga sebagian besar movie tentang Revolusi Prancis gagal menangkap ruang lingkupnya. Movie ini (aslinya berjudul La Révolution française) dibuat untuk memperingati dua abad Revolusi dan dibagi menjadi dua bagian: Tahun Harapan (les Années lumière) Dan Tahun Kemarahan (les Années yang mengerikan), menjadikannya epik berdurasi enam jam. Itu menangkap segalanya dari awal Estates-Basic pada 1789 hingga kencan terakhir Robespierre dengan Madame Guillotine pada 1794, tetap setia pada sejarah sambil membiarkan karakter memiliki kesempatan untuk merasa seperti orang sungguhan. Ini adalah satu-satunya movie yang mencakup seluruh Revolusi Perancis.

10 Nyonya dan Adipati (2001)

Sebuah adegan dari The Lady and the Duke

Sementara kekerasan mengintai di banyak movie tentang Revolusi, yang satu ini bersedia mengambil lebih dari beberapa risiko dengan menunjukkan kekerasan sebenarnya yang dilakukan Teror terhadap mereka yang dianggap sebagai musuh Revolusi. Untuk alasan ini, itu dikritik tajam oleh banyak orang di Prancis. Namun, ini adalah movie yang dibangun dengan baik, dan narasinya penuh ketegangan karena karakter utamanya, seorang wanita Inggris yang terjebak dalam Revolusi, harus berusaha untuk tetap hidup. Movie ini menampilkan lebih banyak kekerasan daripada movie lain tentang Revolusi Prancis, tetapi juga terbukti realistis pada masa itu.

9 Napoleon (1927)

Sebuah adegan dari film bisu Napoleon tahun 1927

Movie bisu yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Abel Gance ini adalah salah satu mahakarya besar sinema awal dan, terlepas dari usianya, lebih baik daripada kebanyakan movie fashionable tentang Revolusi Prancis. Ini mengikuti Napoléon Bonaparte dari pelatihan militer awalnya melalui peristiwa besar dalam karirnya seperti kemenangannya di Pengepungan Toulon, asmara awalnya dengan Joséphine, dan kontrolnya atas tentara dalam perang dengan Italia. Movie ini dipotong oleh MGM sebelum ditayangkan di Amerika Serikat tetapi dikembalikan ke kejayaan aslinya pada tahun 1981, untuk kedua kalinya pada tahun 2016, dan pemulihan baru tiba pada tahun 2023.

8 Saint-Simply Dan Kekuatan Benda (1975)

Saint-Just Ou La Force Des Choses.

Saint-Simply dan Kekuatan Benda (atau, seperti yang disebut dalam bahasa Prancis, Saint-Simply ou La Pressure des Choses) adalah salah satu movie tentang Revolusi Prancis yang telah dilupakan. Disutradarai oleh Pierre Cardinal, itu menggambarkan pemimpin Jacobin Louis Antoine de Saint-Simply (Patrice Alexsandre) yang merupakan teman Robespierre selama Pemerintahan Teror, menggambarkan pahlawan tituler sebagai seorang radikal terpelajar dan berapi-api yang mencoba membentuk kembali bangsanya sampai dia dieksekusi oleh guillotine. Ini adalah movie dua bagian yang dirilis di televisi Prancis.

7 Sejarah Dunia, Bagian 1 (1981)

Mel Brooks dalam Sejarah Dunia, Bagian 1.

Bagi mereka yang mencari movie yang lebih ringan tentang Revolusi Prancis, pengiriman drama sejarah Mel Brooks adalah jawaban yang tepat. Brooks, tentu saja, selalu memperhatikan untuk menemukan hal-hal yang membuat style yang tampaknya serius (horor, epik, barat) menjadi lucu secara tidak sengaja. Sementara Revolusi hanya mengambil sebagian dari movie ini, sebagian besar berkesan karena Mel Brooks sendiri memerankan Louis XVI yang malang. Ini benar-benar spoof yang luar biasa dari drama kostum. Itu juga tetap klasik kultus dan mengambil sekuel lebih dari 40 tahun kemudian di Hulu.

6 Persaudaraan Serigala (2001)

Seorang pria menunggang kuda di Brotherhood of the Wolf
  • Streaming sekarang di AMC+ & Shudder.

Meskipun sebagian besar movie tentang Revolusi adalah movie biografi atau drama kostum, yang satu ini sedikit berbeda. Diceritakan dalam kilas balik oleh seorang bangsawan yang akan dieksekusi selama Revolusi, itu berfokus pada seorang pemburu dan usahanya untuk melacak binatang buas yang sulit ditangkap yang membantai orang di salah satu provinsi. Ini adalah movie yang agak menghantui, tentu saja, meskipun juga memiliki momen-momen berlebihan yang terlihat agak konyol di belakang. Salah satu dari sedikit movie tentang Revolusi Prancis yang diputar sebagai movie horor langsung, tetap menjadi salah satu movie horor Prancis terbaik sepanjang masa.

5 Perpisahan, Ratuku (2012)

Marie Antoinette dalam Farewell My Queen

Sementara sebagian besar movie tentang Marie Antoinette berfokus pada sang ratu sendiri, movie ini sebenarnya mengikuti salah satu pelayannya, yang menemukan kesetiaannya kepada majikannya ditantang ketika Revolusi menyapu hidup mereka. Tidak seperti banyak drama kostum, yang cenderung berfokus pada kelebihan dan emosi, movie ini mengambil pandangan yang agak terpisah dari subjeknya, membuat penonton tetap pada satu langkah dari aksi. Namun demikian, ini memberikan perspektif baru tentang bagaimana Revolusi memengaruhi mereka yang bukan bangsawan tetapi bergantung pada mereka untuk penghidupan mereka. Movie itu adalah movie sirkuit pageant besar, diputar di seluruh dunia sebelum akhirnya diputar di bioskop.

4 Kisah Dua Kota (1935)

Adegan dari Kisah Dua Kota
  • Sewa sekarang di Prime Video & Apple TV

Charles Dickens adalah salah satu novelis Victoria yang paling terkenal dan sukses, dan banyak dari novelnya telah dijadikan movie. Kisah Dua Kota adalah pandangan yang megah namun membakar ke dalam beberapa kemunafikan mendasar yang ada di jantung Revolusi Prancis. Ini adalah romansa yang benar-benar tragis tentang cara-cara di mana bahkan orang yang tidak bersalah pun dapat terjebak di tengah peristiwa sejarah yang mengerikan yang jauh di luar kemampuan mereka untuk dikendalikan. Itu tetap menjadi salah satu adaptasi Charles Dickens terbaik hingga saat ini, terlepas dari ceritanya.

3 Marie Antoinette (2006)

Kirsten Dunst dalam Marie Antoinette
  • Sewa sekarang di Prime Video & Apple TV

Marie Antoinette memiliki perbedaan yang meragukan untuk dilihat sebagai salah satu tokoh kunci Revolusi karena konsumsinya yang mencolok dan kurangnya belas kasih yang dirasakan (dan) dilihat sebagai faktor kunci dalam pemberontakan. Movie ini, disutradarai oleh Sofia Coppola, mengambil pandangan yang jauh lebih murah hati dan bernuansa karakter judul, digambarkan dengan kehalusan dan keanggunan oleh Kirsten Dunst. Ini adalah movie yang diambil dengan indah, dan itu menunjukkan bagaimana wanita muda ini, seperti banyak orang lainnya, dalam banyak hal menjadi korban dari sistem yang tidak terlalu memedulikan keinginannya sendiri. Movie ini meraih kemenangan Oscar untuk Rancangan Kostum Terbaik.

2 Danton (1983)

Danton membebaskan orang
  • Streaming sekarang di Criterion Channel

Produksi Prancis/Polandia ini mengambil subjeknya Georges Danton, salah satu pemain kunci dalam Revolusi Prancis yang akhirnya dihancurkan oleh Pemerintahan Teror. Ini adalah movie yang menghantui, dan Gérard Depardieu ahli dalam perannya sebagai karakter utama. Movie ini adalah pengingat yang kuat dan mengerikan tentang bagaimana bahkan gerakan politik yang dimulai dengan niat paling mulia sering kali dikompromikan, dan dibatalkan, oleh kelemahan ego manusia. Ini tetap menjadi salah satu movie klasik terbaik tentang Revolusi Prancis, memenangkan Movie Berbahasa Asing Terbaik di BAFTA Awards.

1 Marie Antoinette (1938)

Adegan dari Marie Antoinette klasik
  • Sewa sekarang di Prime Video & Apple TV

Bertahun-tahun sebelum Kirsten Dunst membawa bakatnya yang luar biasa untuk memerankan ratu Prancis yang terkenal, Norma Shearer, salah satu bintang Hollywood kuno yang paling glamor, menempatkan capnya sendiri pada peran di salah satu movie terbaik tentang revolusi Perancis. Dia bersinar positif dalam movie tersebut, kombinasi karisma dan glamor Shearer membuktikan kombinasi sempurna untuk menyampaikan kompleksitas kepribadian ratu. Ini juga merupakan movie yang sangat indah untuk ditonton, pengingat betapa mewahnya studio Hollywood lama. Movie ini meraih empat nominasi Oscar, dua untuk para aktor, satu untuk arahan seni, dan satu untuk musik asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here